Jumat, 02 Maret 2012

air tanah

Air merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting. Air digunakan untuk mandi , makan , minum , memasak , dll. Tapi sekarang ini banyak daerah kekurangan air. Banyak hutan-hutan yang seharusnya dapat menampung banyak air sudah ditebang oleh manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab. Mereka mengambil kayunya untuk dijual keluar negeri. Menebang pohon untuk diambil lahannya untuk dibangun mol atau perusahaan besar. Saat ini daerah resapan air di Indonesia sangatlah sedikit. Bahkan bisa dikatakan sangat kurang sekali. Semua perumahan menggunakan paving. Hutan kota yang ada di kota-kota sekarang juga sudah sedikit sekali. Sudah tak bisa lagi menampung air hujan yang turun. Hutan yang juga sebagai paru-paru dunia sudah tidak bisa menciptakan udara yang segar lagi. Desa-desa sekarang juga banyak yang lahan hutannya digunakan untuk pabrik-pabrik besar. Tidak lain lagi tempat yang digunakan adalah lahan yang seharusnya hutan yang bisa menampung air dan memenuhi kebutuhan udara segar masyarakat sekitarnya.
Indonesia merupakan negara ke 4 yang mempunyai warga terbanyak didunia. Otomatis Indonesia membutuhkan banyak air bersih. Indonesia termasuk salah satu negara yang dulunya mempunyai banyak hutan. Hutan adalah tempat banyak air bersih bersarang dibawah pohon-pohon besar yang mampu menyimpan banyak sekali air. Tapi, banyak manusia yang tidak mempunyai hati yang menebang pohon-pohon tersebut. Melakukan penggundulan hutan secara liar. Lama-lama tanah kita sudah tidak bisa menyimpan banyak air. Pada akhirnya mengebor tanah sedalam-dalamnya adalah satu-satunya jalan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air.
Kita lihat sekarang kota Jakarta yang sudah sering diberitakan “JAKARTA TENGGELAM”. Air-air tanah dibawah kota Jakarta yang seharusnya cukup untuk memenuhi kebutuhan warga kota Jakarta menjadi kurang. Perusahaan besar yang membutuhkan banyak air telah mengambil alih air-air tersebut. Sampai karena kurangnya, perusahaan-perusahaan itu mengebor tanah hingga sekian ratus meter untuk memenuhi kebutuhan air mereka. Karena itu, tanahpun akan menjadi turun. Meskipun hanya beberapa cm saja tapi itu berdampak besar. Jalan-jalan retak , pondasi gedung-gedung besar turun, gedung-gedung retak dan lain-lain.
Bila air tanah habis, bisa menjadikan tanah akan semakin turun. Sekarang kita sudah saatnya untuk memikirkan nasib bumi kita. Bagaimana kita memanfaatkan air yang ada di bumi ini dengan baik. Karena dari itu, kita juga harus sudah memikirkan dampak dari pengeboran tanah untuk diambil airnya itu dari sekarang. Karena bumi sudah tidak mempunyai lahan yang cukup untuk menyimpan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar